Friday, May 20, 2011

Bendungan Batang Hari - Dharmasraya.

Bendungan Irigasi Batanghari di Dharmasraya ~ Sebenarnya daerah bendungan ini terletak di Propinsi Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Dharmaraya salah satu kabupaten yang Baru yang tergabung dari Propinsi Sumatera Barat.
Bendungan Irigasi Batanghari, sungai terbesar di Provinsi Sumatera Barat yang bermuara ke Provinsi Jambi, merupakan proyek raksasa yang dikerjakan sejak 1997. Proyek yang didukung pendanaan oleh Japan Bank for International Cooperation (JBIC) senilai 12,680 juta yen atau sekitar Rp1,4 triliun ini mampu mengairi sawah 22.260 hektar yang sebagian besar untuk Dharmasraya dan sisanya di Provinsi Jambi. Bendungan irigasi Batang Hari yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini sunguh bendung yang sangat indah dan bermamfaat bagi kabupaten tersebut.
Di Bendungan irigasi Batang Hari ini lah ternyata huluan sungai batanghari jambi, karena sungai batanghari berbatasan langsung dengan sungai solok selatan, propinsi Sumetera Barat, ternyata saya baru tau sekarang bahwa yang dikatakan sungai batanghari yang terpanjang di sumatera sangat benar sekali.
Disini, kita akan merasakan bagaimana nikmat Tuhan tersebut tidak ada habisnya. Tepian sungai pun bermacam ragam. Makin ke hulu, makin tinggi tepian. Di kiri kanan sungai kita akan melihat jelas bagaimana dinamika kehidupan masyarakat di sepanjang sungai yang bermuara di provinsi Jambi tersebut, tepatnya di pantai timur Sumatera. Sisa-sisa kayu tebangan yang masih baru terkadang menghalangi perjalanan kita. Selain itu, di sana juga akan terlihat bagaimana aktivitas penambangan emas rakyat yang mengharapkan beberapa gram emas untuk ditukar dengan beras atau kebutuhan pokok lainnya.

No comments:

Post a Comment